Jawaban untuk Evaluasi ODOJ 2080

Ada pertanyaan  yang di lontarkan dari fasilitator di grup ODOJ gw, Cuma dua kok, dan ini jawaban gw…agak panjang…maaf.

1. Selama teman-teman gabung di grup ODOJ ini, apa ada kendala?

Kendala ada yaitu kendala yang di ada2in. Yaitu MALAS. Padahal banyak banget waktu luang pas jam istirahat di kantor misalnya tapi malah senengnya ngobrol sama teman2, ngegosip ngalor ngidul. Lebih suka buka hape lihat2 media sosial, main games, chat di grup sama teman-teman, baca buku, majalah or novel dan nonton streaming dvd korea. Hehehe. Manusiawi banget yah. Iyah bener banget itu semua manusiawi.

Manusia sifat aselinya memang selalu mencari kebahagiaan dan kenyamanan. Salah satunya ya do what your passion. Kalo gw di waktu gak kerja or ngurusin kerjaan or masak buat suami ya waktu lenggang gw sukanya ngerjain hal-hal di atas. Menurut gw sih sah2 banget, yah itung-itung ngasih reward dan bikin jasmani dan rohani rileks sejenak.

Tapi bener gak sih Cuma itu2 ajah yang bikin hati dan rohani kita tenang. Itu semua kan duniawi banget yah. Kalau gw sih ada yang kurang yah. Suka kepikiran, kalo lagi menikmati itu semua, sadar gak sih itu dari siapa. Yap dari Allah. Trus gw dah membalas apa ke sang pemberi semua nikmat itu? Sebenernya juga sih Allah gak butuh apapun dari gw. Tapi gw yang butuh Allah. Gw sadar banget tanpa gw rajin ibadah pun Allah sudah memberikan semua nikmat sama kita. Tapi ada satu yang kurang. Hati gw. Hati gak pernah tenang, kalo kita menjauh dari Allah. Makanya gw gabung sama ODOJ.

Waktu belum ikut ODOJ alhamdulillah tilawah gw setiap hari kok. Tapi sesuka-suka ajah. Paling Cuma selembar dua lembar, terus bada maghrib doang lagi. Terus ditawarin sama teman gabung di ODOJ, tiga bulan yang lalu. Alhamdulillah hati semakin enak ajah…asal ada waktu kosong jadi pengennya tilawah terus. Ikut ODOj berasa ikut berlomba-lomba dalam kebaikan. Akhirnya berhasil ngajakin suami juga. Dan kita jadi balap-balapan khatam tiap harinya. Saling pamer mengabarkan progress tilawah tinggal berapa lembar lagi. Dan ternyata meski bukan bulan ramadhan bisa kok khatam 1 juz 1 hari, bahkan semenjak awal tahun ini gw dah sedikit berani ambil lelangan. Program partneran-nya waktu itu kalo partner khatam, kita yang gantiin juz nya dia. Dan ternyata bisa juga kan…

Makanya kendala buat saya sih sampai detik ini belum ada, yang ada adalah kendala yang di ada2in…hehehhehe….

Kalo kita pergi, bisa tilawah di jalanan, kalo nge-moll misalnya, kita cari moll yang paling nyaman mushola nya. Abis sholat sambil istirahat sekitar 15-20 menit kita tilawah dulu nyicil. Bisa juga pas lagi pesan makanan. Sambil nunggu makanan datang, kita tilawah dulu kalo emang lagi gak ada yang mo dibahas. Daripada ngomentarin orang-orang. Hehehhe… ketauan kan… Pokoknya dimana ajah bisalah insyallah kalo emang niatnya semangat mau tilawah.

2. Apakah ada hal yang membuat teman2 tidak nyaman?

Euhm….kalo saya pribadi sih tidak nyaman sekali tidak. Karena usia kita yang gak seumuran, kadang celotehan mereka yang menurut saya suka lucu tanda kutip soalnya rane ting tang ting tapi kadang becandaan yang saya gak ngerti hehehhe..tapi itu tdk terlalu membuat saya tidak nyaman kok. Jadi yah its oke sajah, gak usah dibawa kedalam hati ajah kalo begitu.

Wassalam,

Rini ODOJ 2087

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s