Sisi Lain Pameran Mobil

Saat ini sedang berlangsung pameran kendaraan bermotor yang cukup besar di Jakarta dan Tangerang. Untuk yang di Jakarta namanya IIMS tepatnya di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Nah yang stau lagi ada nya di ICE (Indonesia Convention Exhibition) yang baru di wilayah Serpong namanya Gaikindo apa gitu…

Sabtu kemarin, suami gw ngajakin dateng ke pameran mobil itu. Pertimbangan jarak dari rumah,kemudahan akses, dan emang belom pernah ke ICE BSD itu. Pengen tauk banget ICE itu kek apasih, akhirnya kita pilih yang Gaikindo di BSD. Dari rumah di Jatiasih sekitar jam 10:30, Sampai disana jam12:30. Lama amat yah… Gak macet kok, belom kali ye… tapi lama antri parkir di ICE nya. Pengunjungnya lumayan banyak banget. Bikin heran juga sih, pengunjung pameran mobil itu kenapa yang datang udah pada punya mobil, bagus-bagus lagi. kok mereka masih main ke pameran ginian yah. Kan harusnya yang dateng itu mereka yang gak punya mobil, terus berniat beli. Hehehehe,,,, nggak lah ya.. kan boleh aja punya 2, 3, 4 atau lebih. Selama mereka punya uang kan ya.. hehehehe..

Setelah membayar tiket masuk weekend seharga 60 rb/org, kita pun masuk. Langsung deh lihat-lihat mobil keluaran baru yang harganya terjangkau. Oh ya, jangan salah sangka yah. Kami kesana gak berniat beli mobil juga siyh. Meski belom punya mobil, tapi ah… mikir 100 kali deh beli mobil. Emang udah 3 tahun terakhir selalu datang ke pameran mobil, buat php-in para sales ajah, Hihihihi

Baru inget belom sholat zuhur, akhirnya cari toilet dan mushola buat sholat. Entah tempatnya masih baru kali yah,,, toiletnya bersih, nyaman, begitu juga musholanya. Beda sama di Kemayoran deh. Udah kotor, susah, jauh, antri banget. Di ICE, toiletnya banyak, bagus, dan bersih.

Abis sholat kita cari makan. Tempat makannya ada di hall 1, dan kita ada di hall 10. Ampun deh jalan jauh banget sambel cuci mata siyh. Pas liat kerumunan orang keluar masuk pintu, kami pun ikutan. Eh ternayata ada tenda2 yang isinya jual makanan. Berhubung gw yang udah laper berat. Gw langsung kelilingin area yang setidaknya ada 10 tenda. Ada bakwan malang, somay, nasi rames, makanan bule kayak mashed potato, sampe kentang sama nugget. Berhubung gw bawa bekal dari rumah, yaitu urap. Gw niatnya mau cari nasi dan temannya. Tapi kok sumpah gak bikin gw tertarik yah. Akhirnya gw balik dan minta dibeliin somay aja. Oh yah… bayarnya gak boleh pake cash loh, harus pake debit BCA or Flash. Untungnya suami punya dan yang penting ada saldonya. Hehehe.

Suami gw bawain somay yang isinya 2  potong somay, 1 tahu, separuh kentang, dan separuh telur rebus. Pas liat struknya shock banget gw. Harganya 40 rb. Kenyang nggak, akhirnya makannya pake urap yang gw beli di rumah. hehehehehe. Si Zaki beli bakwan malang, terus kok gak beli nasi. Katanya gila harganya moso sate padang 75 rb, nasi rames 65 rb, nasi bali 65 rb. Gak masuk akal banget kan… hehhehehe.

Beres makan, kita pun lanjut liat-liat lagi. Pas lagi keliling2 kita keluar hall satu dan ternyata,,, disitulah foodtruck festival berlangsung. Selain makanannya lebih bervariasi harganya juga lebih normal. Agh gara2 dah laper banget gak sabar tadi. Rasanya mo dikeluarin lagi itu somay sama bakwan malang. Hihihihi… Akhirnya karena males makan apa2 kami berhasil mengendalikan hawa nasu buat jajan lagi. Balik ke arena pameran, kok jadi merhatiin para pengunjungnya gitu yah. Nah tiba2 terlintas lah di benak pikiran gw, kalo pengunjung yang datang ke pameran ini, bisa dikategorikan menjadi beberapa. Kategori berdasarkan tujuan mereka dan apa yang mereka lakukan di pameran tersebut. Antara lain seperti berikut  :

  1. Mereka yang niat dateng untuk lihat2 mobil keluaran terbaru dan emang niat beli. Mereka biasanya terlihat udah mapan dari segi penampilan. Usia berkisar 50 tahun ke atas dan pada umumnya agak sipit. Pengunjung seperti inilah yang menjadi sasaran empuk para sales. Karena mereka gak cuma lihat2. Emang niat beli mobil baru lagi. Ntah buat koleksi, atau buat anak, cucu, dsb.
  2. Mereka yang dateng bawa kamera DSLR. Mereka ini bukan wartawan siyh, tapi ya itu menyaluran hobi fotonya dan untuk mendapat objek2 yang menarik. Ntah objek itu mobil2 yang keren, atau mbak2 SPG yang cuantik2 itu. Hehehehhe…
  3. Mereka yang butuh hiburan bareng keluarga. Biasanya dateng dengan rombongan lengkap. Ibu, Bapak, anak balita yang lebih dari satu plus baby sitter dan kereta dorongnya. Mereka mungkin mau ganti mobil atau yah atau biar anak2 happy ajah. Daripada ke mall terus kan bosen.
  4. Para fans band or girlsband. Biasanya para produsen-produsen besar otomotif ini melakukan berbagai cara untuk menarik pengunjung mengunjungi booth mereka. Gak jarang mereka menyewa artis band atau girls band yang biasanya udah jadi bintang iklannya. Udah 3 kali dateng kesini lumayan siyh, nonton Kahitna, Raisa, The Groove, Afghan, dll. Tapi ada yg dateng mereka niatnya bukan liat2 mobil apalagi beli. Tapi mereka yang dateng demi girlsband kesayangan. Pokoknya die-hard fans kayak fansnya JKT 48 gitu tuh. Masih manggung 2 jam lagi aja, mereka dah pada duduk rapi, dengan posisi kamera standby. Lumayan, bayar gak mahal, bisa liat artis idola dan hati pun puas.
  5. Mereka yang seneng di foto dan selfie. Iya dong bisa selfie di depan mobil keluaran terbaru, mobil unik, mobil keren, dan gak jarang juga fotonya pun bareng mbak2 SPG yang cantik. Padahal kan pas gitu dilihat bagai langit dan bumi yah… hihihihihi..
  6. Para anggota klub motor gede. Nah buat mereka, pameran ini menjadi ajang ketemuan dan kumpul-kumpul bareng teman komunitasnya. Selain dapat info baru mereka biasanya bakal merasa keren banget diantara pengunjung lainnya. Hihihihi.
  7. Mereka yang cuma liat2 doang. Gak pengen beli, gak pengen banget moto, gak terlalu suka sama artis, kalo ada di tonton, gak ada yo pulang ajah. Ini mereka yang haus hiburan dan ga punya uang buat beli mobil, Ya kerjaannya cuma PHP in si sales. Tapi tampaknya si sales juga tidak tertarik menawarkan, karena yakin kemungkinan mereka beli dibawah 5%. Hehehehe,,,, dan itu gw. :))))
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s