Kok Bisa Sembuh dari Virus Drakor?

Seingat saya, mulai nonton Drama Korea itu dimulai dari ditawarin teman kantor. Namanya Sari. Beneran waktu itu saya bingung sama orang-orang yang hobi nonton drama Korea, lagu Korea, sampai boyband Korea. Di mana sih asyiknya? Belum lagi mereka yang sampai segitunya mengidolakan laki-laki yang katanya sebagian orang bilang kekurangan testosteron itu. Iyes juga sih saking mulusnya muka. Hehehehe.

Nah akhirnya, teman saya itu meminjamkan saya kaset DVD drama korea yang berjudul Heart String. Pemerannya itu Yong Hwa-nya CN Blue sama Park Shin Hye. Ceritanya itu ringan banget ya Allah kek gak ada beban hidup. Biasalah drama Korea yang awalnya ceweknya yang suka, cowoknya jual mahal sampai akhirnya berbalik si cowok yang tergila-gila sama ceweknya. Eh gak tauknya orang tua mereka saling kenal dan punya kenangan manis. Pilihannya, ortu atau anak-anak yang bahagia. Akhirnya yang tua ngalah sih. Dah gitu doang. Gak diceritain akhirnya mereka menikah aau tidak. Ya orang pada masih kuliah kan.

Drama itulah yang menjadi titik balik. Yaelah titik balik. Iyah kujadi mulai suka. Abis gimana yah, manis banget itu si cowok pas ngerayu-rayu ceweknya. Ya kan mana juga cewek macam saya tidak ketagihan nonoton drama Korea. Lihat cowok ganteng, muka mulus, dengan kelakuan manis banget kek boba. Sejak itu saya mulai mencari-cari drama korea. Bahkan sampai beli DVD bajakannya dong. Bodo amat gak mikirlah kalau beli bajakan itu salah. Gak mikir beli juga buang-buang uang. Kenapa juga gak donlot aja. Males ah, rempong. Sepulang kerja langsung ajah di depan tivi. Kalau weekend saya sampai minta izin begadang sama suami, buat nonton.  Mana kalau sudah mulai, penasaran banget sama endingnya dong. Oh iya syarat drama yang saya tonton itu syaratnya harus happy ending. Kalau gak happy ending, males ah. Ntahlah saya seperti mencari kebahagiaan semu. Hati adem gitu lihat model percintaan mereka yang so sweet gitu. Hahahaha. Tapi untungnya gak sampai berharap suami jadi kek oppa-oppa  di drakor sih. Masih nginjek bumi lah saya mah.

Epiknya lagi, waktu lebaran, saya sampai bawa hardisk buat menyimpan film dari sepupu suami. Hahaha. Iyah anak kuliahan di Yogya, cuma butuh modal warnet sama hardisk ajah, udah bisa menikmati banyak judul film Korea yang bagus-bagus itu. Yah mahasiswa mana maulah keluar uang yang tidak sedikit buat beli kaset dvd.  Nah sayangnya kadang saya kurang puas gitu nonton di laptop. Sedangkan tv kami kala itu belum mendukung untuk dicolok-colokin ke hard disk.

Selain dari dvd dan hardisk saya juga nonton yang streaming dong. Di mana itu drama masih tayang di negara asalnya sana. Tiap minggu itu jadi gak sabar menunggu jadwal hari tayangnya. Donlot aplikasi juga iyah. Viki namanya waktu itu. Nonton di kantor? Jangan ditanya. Bahkan bos saya memaklumi hobi saya yang satu ini. Yang penting kerjaan kelar sih. Hehehe. No problemo.

Bagaimana dengan boyband atau girlband-nya? Apakah saya jadi ngefans sama mereka juga? Iya sih. Tapi sedikit. Gak ngefans banget. Palingan yang saya suka itu ya lagu-lagu dari soundtrack drakor favorit saya saja. Setiap malam apa gitu saya juga nonton infotainment yang memberitakan gosip-gosip artis Korea gitu. Zamannya SnSd, Bora, apalagi yah. Gak terlalu apal sih.

Oke, kembali ke judul kenapa saya bisa sembuh dari penyakit akut kecanduan korea?

Seingat saya, drama korea terakhir yang saya tonton itu Descendents of The Sun deh. Drama yang menjadikan Song-song couple bertemu dan kemudian menikah dan akhirnya tidak bertahan lama mereka bercerai. Tahun 2017 waktu itu. Tahun itu juga saya tugas belajar. Waktu saya di rumah seharusnya lebih banyak dong. Pagi kuliah, ngerjain tugas, beberes rumah, masak, dan me-time. Me-time saya ya apalagi kalau tidak baca buku dan nonton you-tube. Tapi anehnya pemirsa, justru pada saat itulah tiba-tiba saya males aja nonton drakor.

Kemudian saya hamil, di mana energi “the power of doing nothing” itu besar sekali saya malah hilang hasrat untuk nonton drakor. Malah yang ada saya hobi nonton youtube Ria SW, Tasya Farasya, Fatiya Biya, Suhay Salim, sampai Mat Kiding. Teman saya yang saya racunin drakor pun terheran-heran. Bahkan dia masih hobi nonton dan mempengaruhi saya dengan cerita-cerita drakor yang seru. Genre gadis miskin dapat CEO gitu juga pastinlaris. Lagi-lagi saya malas dan sama sekali gak tertarik. Bahkan teman saya sudah mengiming-imingi pemain oppa-nya ganteng, saya waktu itu lebih memilih bobo siang, baca buku, atau ngeblog. Percaya deh, waktu itu saya rajin ngeblog. Eh pas udah hamil kok jadi males. Salahin hormon ajah yah.

Nah jadi gimana? Mau mulai nonton lagi atau tidak. Menurut saya sih baiknya ya gak memulai lagi. Ambyarlah bisa dibilang sayang sih waktunya. Bisa diisi hal-hal yang lebih produktif. Kek apa ya? Ngeblog, belajar apa gitu, baca buku. Apa ajalah.

Eh tapi yang mau me-time an nonton drakor ya gak papah loh ya. Semuanya ada waktunya kok. Percayalah. Saya pikir juga dulu saya gak akan bosan. Wong produksi dramanya terus menerus. Eh datang juga rasa bosan.

Yang lucu, virus hobi nonton Korea akhirnya saya tularkan ke suami. Hobi suami memang nonton film. Nah, sekarang hobinya nonton chanel TVN dong. Untungnya sih sukanya film yang sekali habis, bukan drama yang sekian episode.

Gak dipungkiri, Korea itu keren banget industri filmnya. Jalan ceritanya ada ajah, sulit ditebak, dan bisa mengobrak-abrik emosi penontonnya. Genre action, spy, dan sejarahnya juga bagus.

Nah jadi apa tipsnya biar sembuh dari kecanduan virus drakor? Hamil? Hahahaha ya nggak gitu. Ya alihkan ajah dengan kegiatan lain yang lebih seru. Ghibah misalnya, eh bukan-bukan, itumah dosa. Beresin rumah kek, nyikatin kamar mandi juga boleh, dan satu lagi sudahlah jangan mulai lagi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga yah saya bakal kecanduan lagi. Hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s